25 Nabi dan Rasul dalam Islam

Nabi dan Rasul

Nabi dalam bahasa Arab berasal dari kata naba. Dinamakan Nabi karena mereka adalah orang yang menceritakan suatu berita dan mereka adalah orang yang diberitahu beritanya (lewat wahyu). Sedangkan kata rasul secara bahasa berasal dari kata irsal yang bermakna membimbing atau memberi arahan. Definisi secara syar’i yang masyhur, nabi adalah orang yang mendapatkan wahyu namun tidak diperintahkan untuk menyampaikan sedangkan Rasul adalah orang yang mendapatkan wahyu dalam syari’at dan diperintahkan untuk menyampaikannnya.

Sesuai dengan tuturan tegas al-Qur’an pada ayat-ayat 163-164 surah al-Nisa dan ayat 78 surah Ghafir disebutkan kisah-kisah sebagian para nabi sebanyak 25 orang. Dan kisah-kisah sebagian besar yang lainnya tidak disebutkan. Dengan merujuk kepada al-Qur’an secara kasat mata dapat kita saksikan bahwa sejarah seluruh nya tidak disebutkan secara rinci dan detail. Terkait dengan Nabi Musa, Isa dan Ibrahim juga hanya disebutkan penggalan dari kehidupan mereka. Sementara sebagian riwayat menyebutkan bahwa jumlahnya mencapai 124.000 dan jumlah para rasul adalah 313 orang.

Lalu, kenapa al-Qur’an hanya menyebutkan 25 nabi saja?

Al-Qur’an bukan merupakan kitab sejarah, sirah atau mu’jam orang-orang sehingga kita dapat mengkaji riwayat hidup para nabi dan mensenarai nama-nama mereka di dalamnya. Al-Qur’an merupakan kitab petunjuk, pengajaran, tarbiyah, pensucian dan peringatan.[1]

Tiadanya akses dan informasi masyarakat dan lingkungan pada masa pewahyuan al-Qur’an, kitab dan karya dan sebagainya para nabi dan masyarakat yang menghuni tempat-tempat jauh, juga dapat menjadi faktor-faktor mengapa nama-nama mereka tidak disebutkan dalam al-Qur’an.

Adapun 25 yang disebutkan adalah,

  1. Adam (آدم)
  2. Idris (ادريس)
  3. Nuh (نوح)
  4. Hud (هود)
  5. Shaleh (صالح)
  6. Ibrahim (ابراهيم)
  7. Luth (لوط)
  8. Isma’il (اسماعيل)
  9. Ishaq (اسحاق)
  10. Yaqub (يعقوب)
  11. Yusuf (يوسف)
  12. Ayyub (أيوب)
  13. Syu’aib (شعيب)
  14. Musa (موسى)
  15. Harun (هارون )
  16. Zulkifli (ذو الكفل)
  17. Dawud (داود)
  18. Sulayman (سليمان)
  19. Ilyas (إلياس)
  20. Al-Yasa (اليسع)
  21. Yunus (يونس)
  22. Zakariyya (زكريا)
  23. Yahya (يحيى)
  24. Isa (عيسى)
  25. Muhammad SAW (محمد)

[1] http://quran.al-shia.org/id/lib/39.htm
Image Courtesy: crescentstyle.com

Akhi (أخي)

admin at KotakMuslim

A humble guy who is proud being a Muslim. Follow us on Twitter @kotakmuslim.

Baca Juga...