Tips Melupakan Mantan Pacar

Mantan Pacar

Ada di antara para remaja yang dulu punya mantan pacar. Dan sekarang sudah tahu akan hukum pacaran. Namun sayangnya, mantan pacar terus terbayang, bahkan seringkali kebawa mimpi. Bagaimana mengatasi hal ini?

Orang Mukmin Harus Benci Kembali pada Maksiat yang Pernah Dilakukan

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ثَلاَثٌ مَنْ كُنَّ فِيهِ وَجَدَ حَلاَوَةَ الإِيمَانِ مَنْ كَانَ اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِمَّا سِوَاهُمَا ، وَمَنْ أَحَبَّ عَبْدًا لاَ يُحِبُّهُ إِلاَّ لِلَّهِ ، وَمَنْ يَكْرَهُ أَنْ يَعُودَ فِى الْكُفْرِ بَعْدَ إِذْ أَنْقَذَهُ اللَّهُ ، كَمَا يَكْرَهُ أَنْ يُلْقَى فِى النَّارِ

Tiga perkara yang bisa seseorang memilikinya maka ia akan merasakan manisnya iman, yaitu: (1) الله dan Rasul-Nya lebih ia cintai dari selain keduanya, (2) Ia mencintai saudaranya hanyalah karena الله, (3) ia benci kembali pada kekufuran setelah الله menyelamatkan darinya sebagaimana ia tidak suka jika dilemparkan dalam api.” (HR. Bukhari no. 21 dan Muslim no. 43).”

Rasulullah bersabda,

Telah tertulis atas anak adam nasibnya dari hal zina. Akan bertemu dalam hidupnya, tak dapat tidak. Zinanya mata adalah melihat, zina telinga adalah mendengar, zina lidah adalah berkata, zina tangan adalah menyentuh, zina kaki adalah berjalan, zina hati adalah ingin dan berangan-angan. Dibenarkan hal ini oleh kelaminnya atau didustakannya.”

Tips Melupakan Mantan Pacar

  1. Isilah hari-harimu dengan taubat dan sesali terus maksiat yang dulu pernah dilakukan. Kalau serius bertaubat, bertaubat berarti tidak boleh pacaran lagi. Baca: 3 Syarat Taubat dari Pacaran.
  2. Sibukkan diri dengan kebaikan dan hal yang manfaat. Karena kata Ibnul Qayyim, “Siapa yang tidak menyibukkan diri dengan hal yang manfaat pasti ia akan menyibukkan diri dengan hal-hal yang sia-sia.”
  3. Hijrah dari lingkungan yang dulu pernah bermaksiat.
  4. Jauhi pergaulan dengan orang-orang yang biasa pacaran.
  5. Kalau masih mengingat mantan pacar, berusaha mengalihkan pikiran atau bayangkan saja sifat-sifat jeleknya sehingga bisa melupakannya.
  6. Hindari bergaul dengan lawan jenis kecuali dalam keadaan perlu.
  7. Bertekad serius menikah dan tidak mau pacaran lagi. Cukup ta’aruf dan mengenal pasangan dengan jalan yang benar.

Semoga الله mudahkan kita hambanya yang ingin kembali ke jalan yang benar. Aamiin…

source: remajaislam.com
image courtesy: nyunyu

Akhi (أخي)

admin at KotakMuslim

A humble guy who is proud being a Muslim. Follow us on Twitter @kotakmuslim.

Baca Juga...